Pages

Minggu, 14 Mei 2023

Perbedaan Fakultas dan Jurusan / Prodi

• Definisi fakultas

Fakultas adalah bagian administrasi perguruan tinggi atau universitas yang menaungi beberapa bidang studi/jurusan. Dalam satu Universitas umumnya terdapat beberapa fakultas.

• Pengertian Program Studi

Sedangkan Program Studi atau Program Studi adalah satu kesatuan rencana studi yang dijadikan pedoman jalannya pendidikan akademik yang pelaksanaannya berpedoman pada suatu kurikulum. Keberadaan program studi bertujuan agar mahasiswa mampu menguasai suatu pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai dengan target kurikulum pendidikan yang digunakan.

Di sekolah, mungkin kata “jurusan” identik dengan jurusan IPA, IPS, dan bahasa. Nah di dunia pendidikan tinggi mungkin sering mendengar kata Prodi dan Jurusan, sehingga terkadang bingung, apa bedanya Prodi dan Jurusan?

Sebenarnya prodi dan jurusannya sama. Hanya saja, untuk perkuliahan, kalangan akademisi lebih suka menyebut divisi pendidikan ini dengan kata program studi, bukan jurusan.

• Perbedaan Fakultas dan Jurusan

Membedakan kedua istilah di atas sangatlah mudah. Jadi fakultas adalah kelompok di dalam kampus yang terdiri dari beberapa jurusan sedangkan jurusan adalah bagian dari fakultas itu sendiri.

Satu fakultas bisa terdiri dari beberapa jurusan. Misalnya fakultas teknologi pertanian yang terdiri dari jurusan teknik pertanian, teknologi pangan dan teknologi industri pertanian. Dari penjelasan dan contoh di atas, sudah jelas perbedaan keduanya.

• Perbedaan Jurusan dan Program Studi

Jika kita membahas perbedaan jurusan dan program studi, bisa diibaratkan sebuah rumah yang memiliki kamar. Rumah ini adalah Fakultas, sedangkan ruangan di rumah tersebut adalah Program Studi. Nah, sudah paham kan perbedaan Fakultas dan Program Studi?

Dengan kata lain, Fakultas merupakan bagian besar sedangkan Program Studi merupakan bagian kecil dari bagian besar tersebut. Misalnya, Fakultas Ilmu Komunikasi dibagi lagi menjadi tiga Program Studi yaitu Kehumasan, Jurnalistik, dan Periklanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar